Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
CO_

Kamis, 05 September 2013

Langkah-langkah sidang sarjana TI Universitas Gunadarma

Asalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh..
semoga salam ini menyapa teman-teman dalam keadaaan yang sehat walafiat, rezeki yang cukup dan keluarga yang bahagia... aamiin

ok langsung ke topiknya, disini saya akan memberikan informasi yang sangat sangat penting bagi mahasiswa teknik informatika universitas gunadarma mengenai langkah-langkah untuk sidang sarjana di universitas gunadarma. ini saya buat karena banyak mahasiswa yang belum mengetahui detail dari sidang sarjana itu sendiri. saya akan buat langkah-langkahnya, mulai dari apa saja yang disiapkan sampai sidang itu sendiri.


LANGKAH 1 :

Sebelum MAU mendaftarkan diri untuk sidang, cek dulu apakah syarat-syarat kita untuk bisa ikut sidang sudah terpenuhi atau belum. berikut ini adalah syarat-syaratnya :

1. Sudah menyelesaikan 8 semester (152 sks) untuk mahasiswa S1.
2. IPK utama >=3,0 (tidak boleh ada nilai D)
3. IPK lokal >=2,0 (boleh ada nilai D maksimal 4, nilai mkdu minimal C tidak boleh D)
4. Sudah lulus penulisan ilmiah dan pengurusan nya sudah sampai ke bagian perpustakaan
5. Sudah urus bebas perpustakaan ( ini berbeda dengan pengurusan PI di perpus)
    jadi ada 2 hal yang harus diurus di perpustakaan  : 
        - mengurus penyerahan PI sesuai aturan yang ada di perpustakaan  & 
        - mengurus bebas perpus
6. Sudah mengikuti workshop dan kursus di kampus (minimal 1x)
7. Sudah mengikuti tes aptitude
8. Bagi yang skripsi :
        - sudah di acc oleh dosen pembimbingnya
        - form acc di download dan di isi datanya
        - setelah diisi lalu di scan untuk dikirim bersamaan dengan form isian sidang sarjana
jangan lupa cd skripsi yang lengkap dalam bentuk word yang sudah diberi label, diletakkan di meja jurusan D421 bersamaan dengan saat melapor diri kebagian sidang sarjana. saat menyerahkan cukup diletakkan di meja saja.

bagaimana? sudah merasa melengkapi persyaratan tersebut? kalau belum silakan penuhi dulu, baru kita lanjutkan ke langkah berikutnya...

keterangan :
- mkdu = agama, ibd, isd, pkn, pancasila
- apabila nilai pi belum masuk, hubungi sekjur ibu hurna (085693648866)
- khusus angkatan 2012 kebawah ada informasi yang akan menyusul)
- kalau masih ada nilai E hubungi juga bu hurna. insyaAllah ibu peri akan membantu.. :) hehe
- syarat dan form pendaftaran bisa anda download disini

LANGKAH 2 :

Pada langkah kedua ini saya akan jelaskan apa saja yang perlu dibawa saat mendaftar, jadi kita harus siapkan terlebih dahulu amunisi-amunisi kita agar tidak bolak balik nantinya.. siapkan ini :

1.   form pendaftaran sidang sarjana, bisa anda download disini
2.   print ipk lokal, utama dan rangkuman
3.   fotocopy krs aktif
4.   fotocopy sertifikat kursus dan workshop
5.   fotocopy sertifikat penulisan ilmiah
6.   khusus skripsi siapkan surat acc dosen pembimbing + cd .doc skripsi
7.   fotocopy surat bebas keuangan
8.   fotocopy surat tes aptitude
9.   fotocopy ijazah sma (buat sidang nanti)
10. foto hitam putih & berwarna (4x6, 3x4, 2x3 pakai kertas dop) buat jaga-jaga
11. pulpen biar ga repot pinjem sana sini.

udah semua dilengkapi ?? kalo sudah ayo kita berangkat daftar sidanggg !!!

LANGKAH 3 :

oke pada langkah ketiga ini kita akan mendaftar sidang, bagaimana caranya ?

1. Print DNU (nilai utama) lalu bawa ke loket 35 BAAK (ujian utama) untuk mendapatkan rekomendasi. Ke loket tersebut jangan lupa bawa KRS aktif. Setelah itu kita akan mendapatkan TTD + CAP di DNU kita.

2. Lalu fotocopy DNU (nilai utama) yang sudah direkomendasikan itu.

3. Selanjutnya kita serahkan berkas-berkas ke sekjur, bisa langsung ke ruangan sekjur atau melalui email, kalau yang mau memberikan keruangan sekjur siapkan :
- form pendaftaran sidang yang sudah diisi
- fotocopy krs aktif
- fotocopy sertifikat kursus & workshop
- fotocopy sertifikat penulisan ilmiah
- fotocopy dnu yang sudah direkomendasikan tadi.

4. bagi yang skripsi bawa surat acc + cd pada langkah 2.

serahkan berkas tersebut ke sekjur ti di ruang D421, tanya aja kepetugas dimana meja sekjur ti nya, lalu letakkan dimejanya... setelah itu ya selesai pendaftaran nya.
Ada cara lain untuk daftarnya biar ga ribet, yaitu VIA EMAIL.

Mekanisme pendaftaran melalui internet  :

1.     Form “Isian Pendaftaran Sidang Sarjana Jurusan Teknik Informatika” yang sudah diisi lengkap di email ke daftar_sidang_jurTI@yahoo.com
Bagi yang jalur skripsi jangan lupa mengirimkan Form acc skripsi yang sudah di scan

2.      Setelah diproses maka akan diberikan laporan balik melalui email itu juga Informasi akan diberikan 1 hari setelah berkas dikirim ke Jurusan.  Apabila dibalas lebih cepat berarti itu rejeki saudara Apabila tidak ada kabar berarti emailnya tidak sampai sebaiknya dikirim lagi atau dikonfirmasi.

Apabila sudah dibalas dan dinyatakan OKE maka mahasiswa segera melapor ke Bagian Sidang Sarjana untuk mendapatkan tanggal sidang  dan Surat Jadwal Sidang. Tinggal melapor diri saja (tidak usah membawa apa-apa) karena sudah online dan bagi yang skripsi sekalian menyerahkan CD tulisan skripsi lengkap ke meja Sekjur TI di D421dalam bentuk .doc

keterangan :
- pastikan sudah tidak ada um utama lagi sebelum menyerahkan dnu yang akan direkomendasikan,  karena nilai akan dilock dan tidak dapat um utama lagi

LANGKAH 4 :

1. Selanjutnya kita harus konfirmasi ke loket sidang baak di loket 35
    ke loket ini persiapkan :
    - fotocopy surat bebas keuangan
    - pas foto hitam putih ukuran 2x3 2 buah (kertas foto dop)
    - double tip atau lem (untuk menempelkan foto, biasanya disediakan sih lem nya)

2. Dibelakang fotocopy surat bebas keuangan tersebut tulis biodata sebagai berikut :
    NAMA                               :
    TEMPAT LAHIR               :
    TANGGAL LAHIR            :
    ALAMAT                           :
    KOTA                                :
    TELEPON                          :

3. Lalu tempel 2 pas foto hitam putih tersebut di fotocopy surat bebas keuangan itu dan serahkan kepetugas.

4. Selanjutnya kita akan diberikan :
    - Surat jadwal sidang sarjana
    - Form peserta sidang sarjana

sudah ?? bagus berarti langkah selanjutnya adalah persiapkan diri untuk sidang nanti.. good luck

CATATAN UNTUK YANG KOMPRE
kompre di bagi 3 paket materi antara lain :
Paket I
 -  Rekayasa Perangkat Lunak 1
 -  Teori Bahasa dan Otomata
 -  Pemrograman WEB

Paket II
 - Sistem Multimedia
 - Interaksi Manusia dan Komputer
 - Grafik Komputer 1

Paket III
 - Sistem Keamanan Komputer
 - Jaringan Komputer
 - Pemrograman Jaringan

Paket Hemat
 -  Kelaut aja... hehe

Paket materi akan dipilihkan oleh pihak kampus berdasarkan nilai mana yang lebih tinggi atau lebih baik dari paket materi lain. jadi pelajari materi-materi tersebut.
berikut ini contoh-contoh materi yang bisa teman-teman download.
Materi Kompre paket I
Materi Kompre paket II
Materi Kompre paket III
bentar materi lagi gue kumpulin
sekian dulu informasi nya, nanti saja lanjutkan lagi untuk informasi selanjutnya...

form-form yang anda butuhkan dapat anda download disini
PPT dari bagian SIDANG SARJANA
PPT dari bagian JURUSAN
PPT dari bagian CAREER CENTER
PPT dari bagian TRANSKRIP