Asalamu'alaikum warrahmatullahi
wabarakatuh..
semoga salam ini menyapa teman-teman
dalam keadaaan yang sehat walafiat, rezeki yang cukup dan keluarga yang bahagia... aamiin
ok langsung ke topiknya, disini saya akan
memberikan informasi yang sangat sangat penting bagi mahasiswa teknik
informatika universitas gunadarma mengenai langkah-langkah untuk sidang sarjana
di universitas gunadarma. ini saya buat karena banyak mahasiswa yang belum
mengetahui detail dari sidang sarjana itu sendiri. saya akan buat langkah-langkahnya,
mulai dari apa saja yang disiapkan sampai sidang itu sendiri.
LANGKAH 1 :
Sebelum MAU mendaftarkan diri untuk sidang, cek dulu apakah syarat-syarat kita untuk bisa ikut sidang sudah terpenuhi atau belum. berikut ini adalah syarat-syaratnya :
1. Sudah menyelesaikan 8 semester (152 sks) untuk mahasiswa S1.
2. IPK utama >=3,0 (tidak boleh ada
nilai D)
3. IPK lokal >=2,0 (boleh ada nilai D maksimal 4, nilai mkdu minimal C tidak boleh D)
4. Sudah lulus penulisan ilmiah dan pengurusan
nya sudah sampai ke bagian perpustakaan
5. Sudah urus bebas perpustakaan ( ini berbeda
dengan pengurusan PI di perpus)
jadi ada 2 hal yang harus
diurus di perpustakaan :
- mengurus penyerahan PI sesuai aturan yang ada di perpustakaan
&
- mengurus bebas perpus
6. Sudah mengikuti workshop dan kursus di
kampus (minimal 1x)
7. Sudah mengikuti tes aptitude
8. Bagi yang skripsi :
- sudah di acc oleh dosen pembimbingnya
- form acc di download dan di isi datanya
- setelah diisi lalu di scan untuk dikirim bersamaan dengan form isian sidang
sarjana
jangan lupa cd skripsi yang lengkap dalam bentuk word yang sudah diberi label, diletakkan di meja jurusan D421 bersamaan dengan saat melapor diri kebagian sidang sarjana. saat menyerahkan cukup diletakkan di meja saja.
jangan lupa cd skripsi yang lengkap dalam bentuk word yang sudah diberi label, diletakkan di meja jurusan D421 bersamaan dengan saat melapor diri kebagian sidang sarjana. saat menyerahkan cukup diletakkan di meja saja.
bagaimana? sudah merasa melengkapi persyaratan
tersebut? kalau belum silakan penuhi dulu, baru kita lanjutkan ke langkah
berikutnya...
keterangan :
- mkdu = agama, ibd, isd, pkn, pancasila
- apabila nilai pi belum masuk, hubungi
sekjur ibu hurna (085693648866)
- khusus angkatan 2012 kebawah ada
informasi yang akan menyusul)
- kalau masih ada nilai E hubungi juga bu hurna. insyaAllah ibu peri akan membantu.. :) hehe
- kalau masih ada nilai E hubungi juga bu hurna. insyaAllah ibu peri akan membantu.. :) hehe
LANGKAH 2 :
Pada langkah kedua ini saya akan jelaskan
apa saja yang perlu dibawa saat mendaftar, jadi kita harus siapkan terlebih
dahulu amunisi-amunisi kita agar tidak bolak balik nantinya.. siapkan ini :
1. form pendaftaran sidang sarjana,
bisa anda download disini
2. print ipk lokal, utama dan
rangkuman
3. fotocopy krs aktif
4. fotocopy sertifikat kursus dan
workshop
5. fotocopy sertifikat penulisan
ilmiah
6. khusus skripsi siapkan surat acc
dosen pembimbing + cd .doc skripsi
7. fotocopy surat bebas keuangan
8. fotocopy surat tes aptitude
9. fotocopy ijazah sma (buat sidang
nanti)
10. foto hitam putih & berwarna (4x6,
3x4, 2x3 pakai kertas dop) buat jaga-jaga
11. pulpen biar ga repot pinjem sana sini.
udah semua dilengkapi ?? kalo sudah ayo
kita berangkat daftar sidanggg !!!
LANGKAH 3 :
oke pada langkah ketiga ini kita akan mendaftar sidang, bagaimana caranya ?
1. Print DNU
(nilai utama) lalu bawa ke loket 35 BAAK (ujian utama) untuk mendapatkan rekomendasi. Ke loket
tersebut jangan lupa bawa KRS aktif. Setelah itu kita akan mendapatkan TTD +
CAP di DNU kita.
2. Lalu fotocopy DNU (nilai utama) yang sudah direkomendasikan itu.
3. Selanjutnya kita serahkan berkas-berkas ke sekjur, bisa langsung ke ruangan sekjur atau melalui email, kalau yang mau memberikan keruangan sekjur siapkan
:
- form pendaftaran sidang yang sudah diisi
- fotocopy krs aktif
- fotocopy sertifikat kursus & workshop
- fotocopy sertifikat penulisan ilmiah
- fotocopy dnu yang sudah direkomendasikan tadi.
4. bagi yang skripsi bawa surat acc + cd pada langkah 2.
serahkan berkas tersebut ke sekjur ti di
ruang D421, tanya aja kepetugas dimana meja sekjur ti nya, lalu letakkan
dimejanya... setelah itu ya selesai pendaftaran nya.
Ada cara lain untuk daftarnya biar ga ribet, yaitu VIA EMAIL.
Mekanisme
pendaftaran melalui internet :
1. Form
“Isian Pendaftaran Sidang Sarjana Jurusan Teknik Informatika” yang sudah diisi
lengkap di email ke daftar_sidang_jurTI@yahoo.com
Bagi yang jalur skripsi jangan lupa mengirimkan Form
acc skripsi yang sudah di scan
2. Setelah
diproses maka akan diberikan laporan balik melalui email itu juga Informasi
akan diberikan 1 hari setelah berkas dikirim ke Jurusan. Apabila dibalas lebih cepat berarti itu rejeki
saudara Apabila tidak ada kabar berarti
emailnya tidak sampai sebaiknya dikirim lagi atau dikonfirmasi.
Apabila sudah dibalas dan dinyatakan OKE
maka mahasiswa segera melapor ke Bagian Sidang Sarjana untuk mendapatkan
tanggal sidang dan Surat Jadwal Sidang. Tinggal
melapor diri saja (tidak usah membawa apa-apa) karena sudah online dan bagi
yang skripsi sekalian menyerahkan CD tulisan skripsi lengkap ke meja Sekjur TI
di D421dalam bentuk .doc
keterangan :
- pastikan sudah tidak ada um utama lagi
sebelum menyerahkan dnu yang akan direkomendasikan, karena nilai akan dilock dan tidak dapat um
utama lagi
LANGKAH 4 :
1. Selanjutnya kita harus konfirmasi ke loket sidang baak di loket 35
ke loket ini persiapkan :
- fotocopy surat bebas
keuangan
- pas foto hitam putih
ukuran 2x3 2 buah (kertas foto dop)
- double tip atau lem (untuk
menempelkan foto, biasanya
disediakan sih lem nya)
2. Dibelakang fotocopy surat bebas keuangan tersebut tulis biodata sebagai berikut :
NAMA :
TEMPAT LAHIR :
TANGGAL LAHIR :
ALAMAT :
KOTA :
TELEPON :
3. Lalu tempel 2 pas foto hitam putih
tersebut di fotocopy surat bebas keuangan itu dan serahkan kepetugas.
4. Selanjutnya kita akan diberikan :
- Surat jadwal sidang
sarjana
- Form peserta sidang
sarjana
sudah ?? bagus berarti langkah selanjutnya
adalah persiapkan diri untuk sidang nanti.. good luck
CATATAN UNTUK YANG KOMPRE
kompre di bagi 3 paket materi antara lain :
Paket I
- Rekayasa Perangkat Lunak 1
- Teori Bahasa dan Otomata
- Pemrograman WEB
Paket II
- Sistem Multimedia
- Interaksi Manusia dan Komputer
- Grafik Komputer 1
Paket III
- Sistem Keamanan Komputer
- Jaringan Komputer
- Pemrograman Jaringan
Paket Hemat
- Kelaut aja... hehe
Paket materi akan dipilihkan oleh pihak kampus berdasarkan nilai mana yang lebih tinggi atau lebih baik dari paket materi lain. jadi pelajari materi-materi tersebut.
berikut ini contoh-contoh materi yang bisa teman-teman download.
Materi Kompre paket I
Materi Kompre paket II
Materi Kompre paket III
bentar materi lagi gue kumpulin
sekian dulu informasi nya, nanti saja lanjutkan lagi untuk informasi selanjutnya...
form-form yang anda butuhkan dapat anda
download disini
PPT dari bagian SIDANG SARJANA
PPT dari bagian JURUSAN
PPT dari bagian CAREER CENTER
PPT dari bagian
TRANSKRIP